Beginilah Tips Memilih Plastik Untuk Wadah Makanan yang Harus Diketahui

Beginilah Tips Memilih Plastik Untuk Wadah Makanan yang Harus Diketahui

Tips memilih plastik untuk wadah makanan mungkin sangat penting, mengingat umumnya plastik konvensional terbuat dari bahan-bahan tertentu yang mungkin saja dapat memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan. Untuk itu, dalam memilih jenis plastik yang akan digunakan sebagai wadah makanan, sebaiknya tidak sembarangan dan mempertimbangkan materialnya.

Melihat Plastik dari Jenisnya

Dr. Emil Budianto sendiri selaku Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan UI, memaparkan bahwa ada enam jenis plastik yang bisa digunakan untuk wadah makanan yaitu Polietilen Tereftalat (PET), Polivinil Chlorida (PVC), High Density Polyethylene (HDPE), Low Density Polyethylene (LDPE), Polipropilen (PP) dan Polycarbonate (PC).

Semua jenis plastik tersebut sebenarnya sudah berada di bawah pengawasan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dengan masing-masingnya memiliki fungsi yang berbeda-beda dan treatment yang berbeda juga. Ada yang tidak boleh terkena panas langsung maupun tidak cocok untuk suhu dingin. Untuk memilih plastik yang akan dijadikan sebagai wadah makanan memang disarankan untuk memilih material plastik yang tidak membahayakan kesehatan dan juga yang ramah lingkungan.

Memperhatikan Kualitas dan Harga Plastik

Tips memilih plastik lainnya yaitu jangan hanya tergiur dengan harga yang murah saja, namun juga pertimbangkan kualitasnya. Apalagi jika Anda menggunakan plastik untuk kepentingan komersial seperti menjual makanan. Maka sebaiknya lebih teliti dalam memilih jenis plastik yang akan digunakan. Sebaiknya Anda membeli produk plastik yang sudah dipatenkan misalnya membeli dari penjual atau dealer yang resmi agar bisa menghindari pemalsuan.

Disisi lain, Anda juga harus mengikuti instruksi penggunaan. Misalnya dengan memperhatikan saat mencuci wadah plastik agar tidak terlalu keras. Atau misalnya dengan mempertimbangkan treatment penggunaan plastik. Misalnya untuk wadah plastik yang tidak bisa digunakan pada microwave maupun freezer, maka jangan digunakan. Anda juga perlu mengganti wadah plastik jika warnanya mulai berubah.

Memperhatikan Simbol Wadah Plastik

Tips memilih plastik lainnya untuk wadah makanan adalah dengan memperhatikan simbol plastik. Untuk plastik yang akan Anda beli, setidaknya memiliki simbol berikut ini:

  • Food Grade dengan logo berupa gelas dan garpu. Tanda ini menandakan bahwa plastik yang Anda beli layak untuk dipakai sebagai perlengkapan makanan.
  • Food Safe dengan logo yang berbentuk contreng. Tandai menunjukkan wadah makanan atau minuman tersebut tidak terkontaminasi dengan bahan-bahan kimiawi berbahaya.
  • Approved by FDA yang berarti produk plastik tersebut sudah lolos uji dan sudah dinyatakan aman oleh FDA (Food and Drug Administration) sebagai lembaga pengawas obat dan makanan Amerika Serikat.
  • Coba lihat di bagian bawah plastik dan pastikan terdapat simbol segitiga yang didalamnya ada angka 1, 2, 4,5 dimana angka tersebut menunjukkan pilihan aman untuk plastik wadah makanan. Angka tersebut bisa menjadi identitas apakah wadah makanan tersebut terbebas dari zat kimia BPA (Bhispinol A). Jadi jika plastik memiliki simbol angka 3, 6 ,7 maka plastik tersebut mengandung BPA yang berbahaya untuk kesehatan sehingga tidak cocok sebagai wadah makanan.

BPA sendiri merupakan senyawa kimia yang memiliki potensi untuk merusak kesehatan manusia dan juga lingkungan. Senyawa ini sudah terbukti sebagai racun yang memiliki efek karsinogenik yang berpotensi untuk menyebabkan gangguan syaraf.

Selain beberapa tips memilih plastik yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya Anda juga tidak menyimpan makanan panas, berlemak atau berminyak pada wadah plastik. Karena jenis makanan tersebut dapat mempermudah masuknya zat-zat kimia pada plastik ke dalam makanan. Mungkin itulah beberapa tips memilih plastik yang bisa Anda gunakan untuk memilih jenis plastik yang tepat sebagai wadah makanan.